Tinjauan obesitas anak sekolah

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Untuk menentukan masalah KEP dilakukan pengukuran antropometri yang umumnya meliputi berat badan dan tinggi badan. All rights reserved. Pada wanita dewasa, kehamilan dan menopause merupaka faktor yang dapat memicu terjadinya obesitas.

Penilaian status gizi berdasarkan antropometri. Metode ini didasarkan atas perubahan-perubahan yang terjadi yang dihubungkan dengan ketidakcukupan zat gizi. Selain itu, siaran televisi dan media massa umumnya memberikan informasi dalam bentuk iklan yang di antaranya menawarkan produk-produk makanan yang berkadar kalori dan lemak tinggi.

Statistik vital Pengukuran status gizi dengan status vital adalah dengan menganalisis data beberapa statistik kesehatan seperti angka kematian menurut umur, angka kematian dan angka kesakitan akibat penyebab tertentu dan data lain yang berhubungan dengan gizi.

Oleh karena itu, kurang tepat bila setiap bayi menangis selalu diberi makanan. Keadaan gizi dapat berupa gizi kurang maupun gizi lebih. Terdapat timbunan lemak pada daerah payudara, dimana pada anak-anak laki sering merasa malu karena payudaranya seolah-olah tumbuh.

Beberapa indeks antropometri yang sering digunakan yaitu: Makan yang berlebihan sudah pasti bisa menyebabkan obesitas, dan porsi makan yang baik yaitu tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Sedang Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB menetapkan umur 15 — 24 tahun sebagai usia pemuda youth dalam rangka keputusan mereka untuk menetapkan tahun sebagai Tahun Pemuda Internasional.

Sedangkan obesitas, ditandai dengan nilai IMT di atas persentil ke pada kurva pertumbuhan, sesuai umur dan jenis kelaminnya. Bfirst; Biokimia Penilaian status gizi dengan biokimia adalah pemeriksaan specimen yang diuji secara laboratories yang dilakukan pada berbagai jaringan macam jaringan tubuh seperti darah, urine, tinja, hati dan otot, sebagai suatu peringatan bahwa akan terjadi keadaan malnutrisi yang lebih parah lagi.

Tinjauan Umum Tentang Aktifitas Aktifitas adalah kegiatan atau kesibukan individu dalam kesehariannya. Karena itu, pencegahan overweigth dan obesitas dimasa anak amat penting. Perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan faktor risiko obesitas pada anak-anak usia tahun, dengan menanamkan pendidikan kesehatan pada anak-anak sejak usia dini, melalui peningkatan komunikasi, informasi, dan edukasi, seperti gerakan anti-rokok, gerakan cinta serat sayur dan buahserta membudayakan aktivitas fisik.

Di antara kelompok remaja tersebut usia puber yang paling rawan karena secara fisik tampak sebagai orang dewasa tetapi belum mencapai kematangan psikologis akan mudah menerima pengaruh globalisasi.

Selain itu, pada waktu lahir anak tidak dibiasakan mengonsumsi air susu ibu ASItetapi dibiasakan pakai susu formula dalam botol, padahal anak yang diberi ASI biasanya asupan ASI-nya sesuaI ketentuan berat badan bayi Soetjiningsih,dkk, 11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A.

Anak 1. Pengertian Anak Anak menurut bahasa adalah keturunan kedua sebagai hasil antara hubungan pria dan wanita. BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Anak Usia Sekolah 1. Definisi Anak Usia Sekolah Menurut Wong (), usia sekolah adalah anak pada usia tahun, yang artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak.

Kelompok anak usia sekolah merupakan kelompok rentan gizi, kelompok masyarakat yang paling mudah menderita kelainan gizi, bila masyarakat terkena kekurangan penyediaan bahan makanan.

i HALAMAN PENGESAHAN TESIS FAKTOR RISIKO OBESITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus di SD/MI di Kecamatan Tembalang Kota Semarang) oleh: Astidio Noviardhi. Download Hasil penelitian dengan analisa tentang hubungan faktor risiko obesitas dengan tingkat obesitas pada anak sekolah di.

Sekolah Dasar Kartika XIV-I Lampriet. Banda Aceh, didapatkan nilai P-value sebesar 0, Obesitas pada anak disebabkan oleh masukan makanannya yang berlebih. Selain itu, pada waktu lahir anak tidak dibiasakan mengonsumsi air susu ibu (ASI), tetapi dibiasakan pakai susu formula dalam botol, padahal anak yang diberi ASI biasanya asupan ASI-nya sesuaI ketentuan berat badan bayi (Soetjiningsih,dkk, ).

Tinjauan obesitas anak sekolah
Rated 0/5 based on 32 review