Patofisiologi penurunan berat badan pada dm

Rangsangan berkepanjangan terhadap reseptor-reseptor tersebut dapat menyebabkan penurunan jumlah reseptor insulin yang terdapat di sel tubuh. Leptin bekerja pada neuron2 didalam nukleus arkuatus hipothalamus dan mengeluarkan sinyal untuk menurunkan produksi neuropeptida Y NPY. Oleh karenanya, selain mengontrol kadar gula darah, mengontrol mata pada dokter mata secara rutin juga mutlak dilakukan oleh pasien diabetes.

Karena insulin tetap dihasilkan sel-sel beta pangkreas, diabetes melitus tipe 2 yang sebelumnya disebut diabetes melitus tidak tergantung insulin atau NIDDM noninsulin dependent diabetes melitussebenarnya kurang tepat karena banyak individu yang mengidap diabetes tipe 2 dapat ditangani dengan insulin.

Disamping itu terdapat interaksi antara faktor genetik dengan kelebihan asupan makanan padat dan penurunan aktifitas fisik. Starvasi selluler juga akan memunculkan gejala klinis kelemahan tubuh karena terjadi penurunan produksi energi. Pasien-pasien yang mempunyai predisposisi diabetes secara genetik mungkin akan memperlihatkan toleransi inglukosa atau manifestasi klinis diabetes pada kehamilan.

Sel-sel lemak coklat kaya akan mitokondria dan menghasilkan lebih banyak panas serta lebih sedikit mengandung ATP dibandingkan sel-sel lemak putih. Boks 2. Sel alfa menghasilkan glukagon, sedangkan sel beta menghasilkan insulin.

Pada keadaan seperti ini dan beberapa kondisi lainnya, berkaitan erat dengan rangkai genetik suatu sifat yang diwariskan.

ASUHAN KEPERAWATAN DM (DIABETES MELITUS)

Faktor genetik akan menentukan individu yang suseptibel atau rentan ke DM. Untuk mencegah meningginya glukosa dengan tiba-tiba, insulin hormon yang diproduksi sel beta pankreas berfungsi menyimpan glukosa dinamakan glikogen dalam hati dan sel-sel otot.

Penyakit-penyakit yang menyertai obesitas pada orang dewasa seperti DM tipe 2, hipertensi, hiperlipidemi, penyakit kantong empedu, Non Alcoholic Steatohepatitis, sleep apnea dan komplikasi-komplikasi ortopedik juga mulai meningkat prevalensinya pada anak-anak dan remaja.

Tubuh kita memang dirancang sedemikian rupa untuk maksud yang baik. Pada hiperglikemia yang lebih berat, pasien tersebut mungkin menderita polidipsia, poliuria, lemah dan somnolen. Kondisi ini akan mengakibatkan penderita diabetes melitus mudah mengalami infeksi oleh bakteri dan jamur.

Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan DM

Dampak ekonomi pada diabetes jelas terlihat berakibat pada biaya pengobatan dan hilangnya pendapatan, selain konsekuensi finansial karena banyaknya komplikasi seperti kebutaan dan penyakit vaskular.

Kondisi luka menunjukkan adanya perbaikan jaringan dan tidak terinfeksi Intervensi: Sedangkan pada diabetes mellitus tipe 2 terjadi karena reseptor yang berada di permukaan sel kurang.

Selain itu, kematian fetus intrauterin pada ibu-ibu yang menderita tidak terkontrol juga meningkta. Jika kadar gula menurun maka simpanan glikogen akan kembali ke dalam darah.

Apa itu Penurunan Berat Badan: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Cara Mengobati

Biasanya mereka tidak mengalami ketoasidosis karena pasien ini tidak defisiensi insulin secara absolut namun hanya relatif. Pasien biasanya disertai rasa mengantuk pada siang hari.Patofisiologi Terjadinya Diabetes mellitus Tipe 2 Selain itu bersamaan dengan lipolisis menyebabkan penurunan berat badan.6) 8) Pada diabetes mellitus tipe 2 terjadi apa yang disebut dengan defisiensi insulin relative, di mana terjadi resistensi insulin perifer, disertai dengan adanya gangguan produksi insulin oleh sell beta pankreas Author: My1stblog.

Download Laporan Pendahuluan / LP Diabetes Mellitus (DM) lengkap dalam bentuk PDF dan Ms.word

12/12/ · Jika penurunan berat badan disertai dengan meningkatnya asupan makanan, maka diagnosis biasanya mengarah pada penyakit-penyakit yang berkaitan dengan metabolisme seperti DM, hipertiroid, atau penyakit pada system pencernaan terutama pada.

Ciri-ciri klinis dari DM Tipe I ini yaitu awitan terjadi pada segala usia, tetapi biasanya pada usia muda (pada saat didiagnosis dengan penurunan berat badan yang baru saja terjadi, etiologi mencakup faktor genetik, imunologi atau lingkungan misalnya virus, sering memiliki antibodi terhadap insulin meskipun.

Langkah pertama dalam pengelolaan DM selalu dimulai dengan pendekatan non-farmakologis, yaitu berupa terapi nutrisi medik, kegiatan jasmani, dan penurunan berat badan bila didapat berat badan lebih atau obese.

Bila dengan langkah-langkah tersebut sasarna pengendalian DM belum tercapai, maka dilanjutkan dengan penggunaan obat berupa obat anti diabetik (OAD) atau pemberian insulin (Sudoyo Author: Agatha Dinar. Diagnosis klinis DM umumnya akan dipikirkan bila ada keluhan khas DM berupa poliuria, polidipsia, polifagia, lemah, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya.

Keluhan lain yang mungkin dikemukakan pasien adalah kesemutan, gatal, mata kabur dan impotensia pada pasien pria, serta pruritus vulvae pada pasien wanita. 5/25/ · 2. Apa yang menyebabkan berat badan menurun?

Jelaskan juga dengan patomekanisme! 3. Hormon-hormon apa saja yang terlibat dalam penurunan berat badan? 4. Jelaskan patomekanisme gejala dari skenario tersebut!(lemas, lelah, mengantu, dan kram pada kedua tungkai) 5.

Apa hubungan antara penurunan berat badan dengan gejala yang menyertai? 6.

Patofisiologi penurunan berat badan pada dm
Rated 5/5 based on 21 review