Jalur metabolisme karbohidrat

Monosakarida dibawa oleh aliran darah sebagian besar menuju hati, dan sebagian lainnya dibawa ke sel jaringan tertentu, dan mengalami proses metabolisme lebih lanjut. Karbohidrat yang terasa manis disebut gula sakar. Jika terjadi kekurangan glukosa dari diet sebagai sumber energi, maka glikogen dipecah menjadi glukosa.

Fosfat berenergi tinggi selanjutnya akan dihasilkan pada tingkat siklus itu sendiri pada tingkat substrat pada saat suksinil KoA diubah menjadi suksinat. Lintasan metabolisme dapat digolongkan menjadi 3 kategori: Glikogen ini disimpan di hati dan otot sebagai cadangan energi jangka pendek.

Glukosa 6-fosfat diubah menjadi Fruktosa 6-fosfat dengan bantuan enzim fosfoheksosa isomerase dalam suatu reaksi isomerasi aldosa-ketosa. Aldosa berupa aldehid Klasifikasi karbohidrat menurut lokasi gugus karbonil Berdasarkan jumlah atom C pada rantai, monosakarida digolongkan menjadi: Cn H2O n atau CnH2nOn Fungsi karbohidrat Fungsi primer dari karbohidrat adalah sebagai cadangan energi jangka pendek gula merupakan sumber energi.

Akhirnya asetil KoA masuk ke dalam rangkaian siklus asam sitrat untuk dikatabolisir menjadi energi. O molekul lemak misalnya: Fumarat terbentuk sebagai hasil dehidrogenasi. Semua produk hasil pencernaan diproses melalui lintasan metaboliknya masing-masing menjadi suatu produk umum yaitu Asetil KoA, yang kemudian akan dioksidasi secara sempurna melalui siklus asam sitrat.

METABOLISME KARBOHIDRAT

Miller http: Biokimia Harper 15 Ilmuwan Muda Secara rinci, tahap-tahap dalam lintasan glikolisis adalah sebagai berikut pada setiap tahap, lihat dan hubungkan dengan Gambar Lintasan detail metabolisme karbohidrat: Kelebihan fosfolipid permukaan dan beberapa kolesterol dan protein dipindahkan ke HDL.

Jika kita memiliki glukosa melampaui kebutuhan energi, maka kelebihan glukosa yang ada akan disimpan dalam bentuk glikogen. Proses oksidasi asam lemak dinamakan oksidasi beta dan menghasilkan asetil KoA. Aldosa berupa aldehid Klasifikasi karbohidrat menurut lokasi gugus karbonil Berdasarkan jumlah atom C pada rantai, monosakarida digolongkan menjadi: Lintasan katabolisme ini adalah proses pemecahan glukosa menjadi: Triosa tersusun atas 3 atom C 2.

Tahap ketiga adalah pemanjangan rantai asam palmitat secara bertahap bergantung pada keadaan dan komposisi faktor penunjang reaksi di dalam sel. Tetrosa tersusun atas 4 atom C 3.

Kondensasi awal asetil KoA dengan oksaloasetat membentuk sitrat, dikatalisir oleh enzim sitrat sintase menyebabkan sintesis ikatan karbon ke karbon di antara atom karbon metil pada asetil KoA dengan atom karbon karbonil pada oksaloasetat.

Reaksi kondensasi, yang membentuk sitril KoA, diikuti oleh hidrolisis ikatan tioester KoA yang disertai dengan hilangnya energi bebas dalam bentuk panas dalam jumlah besar, memastikan reaksi tersebut selesai dengan sempurna.

Beberapa asam amino dapat diubah menjadi glukosa alanin, serin, glisin, sistein, metionin dan triptofan. Hal ini terjadi karena glukosa, asam lemak dan banyak asam amino dimetabolisir menjadi asetil KoA atau intermediat yang ada dalam siklus tersebut.

Dalam hal ini terdapat aturan yaitu: D-ribosa digunakan dalam pembentukan RNA Karena merupakan penyusun kerangka RNA maka ribosa penting artinya bagi genetika bukan merupakan sumber energi.

Metabolisme Karbohidrat – Pengertian dan Macam Macamnya

D-galaktosa bagian dari susu Gula ini tidak ditemukan tersendiri pada sistem biologis, namun merupakan bagian dari disakarida laktosa. Enantiomer merupakan pasangan dari stereoisomer. Dengan adanya oksigen, mitokondria dapat sepenuhnya mengoksidasi piruvat dan NADH dari glikolisis, menghasilkan hingga 36 mol ATP per mol glukosa menggunakan fosforilasi oksidasi.

Miller http: Lemak campuran terdiri dari fosfolemak, glikolemak dan lemak campuran lain. Polisakarida ini merupakan cadangan energi pada hewan dan manusia yang disimpan di hati dan otot sebagai granula.

Seperti halnya karbohidrat, lemak merupakan substrat penting dalam proses respirasi. Kenaikan proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat menyebabkan glukosa dalam darah meningkat, sehingga sintesis glikogen dari glukosa oleh hati akan naik. Lemak mempunyai sifat umum yang relatif tidak larut dalam air dan larut dalam pelarut non polar seperti eter, kloroform dan benzena.

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik tanpa oksigen. Kode genetik yang dibawa DNA ditranskripsi menjadi RNA, yang berperan sebagai cetakan bagi translasi yang dilakukan ribosoma. Respirasi dalam arti yang lebih khusus adalah prosesproses penguraian glukosa dengan menggunakan O2, menghasilkan CO2, H2O, dan energi dalam bentuk energy kimia, ATP yang melibatkan metabolisme glikosis, Daur Krebs, dan fosforilase bersifat oksidasi.Lintasan Pentosa Fosfat Lintasan Asam Uronat Metabolisme Fruktosa Metabolisme Galaktosa Lintasan Asam Uronat Yurika sandra Departemen Biokimia FK-YARSI Manfaat.

Metabolisme

Seperti proses metabolisme karbohidrat, Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis. Pada tahap awal. Scribd is the world's largest social reading and publishing site. Di dalam tubuh manusia terjadi metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak bertemu pada jalur siklus Krebs dengan masukan asetil koenzim A.

Tahukah Anda bahwa. Terdapat beberapa jalur metabolisme karbohidrat baik yang tergolong sebagai katabolisme maupun anabolismeyaitu glikolisis, oksidasi piruvat, siklus asam sitrat, glikogenesis, glikogenolisis serta glukoneogenesis.

Jalur metabolisme karbohidrat - Info terkini Jalur metabolisme karbohidrat. Apakah Anda sedang mencari informasi terbaru di laurallongley.com tentang Jalur.

Jalur metabolisme karbohidrat
Rated 4/5 based on 60 review